Senin, 24 Maret 2014

JANGAN GALAU MENENTUKAN PILIHAN

Di postingan sebelumnya gue ngepost tentang indahnya masa SMA yang bakal kalian rindukan nanti kalau udah lulus. na pertanyaanya sekarang setelah loe lulus loe mau kemana ?? a. kerja b.kuliah c. rabi :D , terserah itu pilihan masing-masing .
tapi kali ini gue mau ngepost tentang kegalauan anak-anak peralihan yaitu yg masih ngambang di bilang anak SMA udah nggak , kerja belum, kuliah belum :D, biasanya ni yang mau kuliah itu galau mau milih jurusan apa di kampus mana, sebenrnya galaunya bukan bingung nggak punya pilihan karna gue yakin semua pasti punya cita-cita punya pilihan ,tapi yang bikin galau itu pilihan orang tua vs pilihan sendiri. orang tua seringkali terlalu memaksakan anak untuk memilih jurusan kuliah bukan sekedar mengarahkan, mereka selalu menganggap saya lah yang membiayai, tapi ingat anaklah yang menjalani.
menuruti keinginan orang tua itu tidak salah justru itu hal yang luar biasa anak remaja yang secara psikologis sedang berontak-berontaknya berusaha mencari jati diri . tapi jika keinginan orang tua tak sesuai dengan kemantapan diri sendiri sebaiknya di pertimbangkan karna ini tentang masa depan.
sekarang gue mau ngasih tips-tips biar nggak galau menentukan pilihan kuliah :

1.  tentukan perguruan tinggi yang terakreditasi
nggak perlu membandingkan perguruan tinggi negeri atau swasta, karna banyak juga kok perguruan tinggi swasta yg jauh lebih bagus dari PTN , so nggak usah minder sama penilaian orang "ah cuma d swasta aja". yang terpenting adalah akreditasi perguruan tinggi tersebut, gue nggak berani ngutarain kalau ini bakal berpengaruh nantinya pas loe nyari kerja, karna gue belum ngalamin sendiri gimana nyari kerja. menurut gue kampus yang terakreditasi itu pasti dalam proses pembelajrannya bisa dipercaya kualitasnya, so bakal mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas juga.
2. sesuaikan biaya kuliah dengan kemampuan orang tua
faktor utama kuliah itu selain kemauan dan prestasi pastinya juga biaya, karena kuliah itu memang nggak murah, gue ngalamin sendiri. biaya semester sih nggak seberapa, tapi biaya hidupnya itu yang jauh lebih gede dari biaya kuliah. iyaaa. dari kos, beli buku, maka, ngeprint tugas dan kegiatan kuliah lainnya. karena kuliah itu nggak sekedar belajar di kelas aja. apalagi bakal ada KKL dan KKN yang juga bakal makan biaya lumayan. so jangan terlalu memaksa kuliah di universitas unggulan yang biayanya setinggi monas. emang sih bakal banyak beasiswa, tapi ya itu tadi biaya hidup nya meeen, belum lagi kalau loe salah pergaulan bareng anak-anak borjuis yang bentar-bentar shoping jalan makan di tempat-tempatr yang nggak sesuai kantong mahasiswa. 
3. pilihlah jurusan sesuai keinginan kalian
menurut gue ini faktor yang paling penting, karna faktor ini lah yang akan menjadi pondasi masa kuliah kalian, salah memilih pondasi makan kalian tau sendiri bakal ambruk d tengah jalan. kalau pilihan loe udah nggak sesuai sama keinginan loe misal loe milih jurusan sesuai keinginan orang tua dan loe nggak suka, gue jamiiiin loe nggak bakal krasan kuliah,karna gue udah ngalamin sendiri.rasanya tertekan dan berontak dalam hati "kenapa sih gue harus ada disini".orang tua seringkali memilihkan jurusan melihat prospek kerja yang lagi bagus "sekarang"
4. jangan mikir prospek kerja 
emang nggak munafik kuliah itu selain menunda masa tua :D ya emang buat cari ijasah buat cari kerja yang prestis nya di atas lulusan di bawahnya. tapi loe nggak usah mikir kalau jurusan A prospeknya nggakk bagus, jurusan B prospeknya bagus. misal sekarang yang lagi jadi trend itu PGSD sama akuntansi. iya sekarang mungkin banyak dibutuhkan formasi PNS untuk PGSD, tapi coba bayangkan 4tahun lagi kalian baru lulus, dan setiap tahunnya setiap universitas meluluskan berapa mahasiswa, di Indonesia ada berapa universitas negeri amupun swasta. terus setelah loe lulus??? menurut gue justru cari peluang yang tepat ,jangan mengikuti trend. karna angka-angka dan nama jurusan di ijasah loe itu nggak menentukan 100% kesuksesan kalian, kesuksesan kalian itu berada di tangan loe sendiri, yang terpenting itu sofskill kalian.
5. jangan mikir prestis jurusan atau universitas 
karena masih labil biasanya loe pada milih universitas beken atau jurusan beken atau fakultas-fakultas kece di universitas yang kalian tuju. beken nggak menjamin kesuksesan kalian. inget tujuan utama kalian kuliah bukan untuk mengejar prestis.

itu aja sih menurut gue yang perlu dipikir mateng-mateng sebelum menentukan pilihan. dan kalau kalian nggak ketriuma di universitas atau jurusan yang loe impikan loe boleh galau karna gue sendiri udah dapet 4semester masih belum bisa menerima :D , tapi jangan kaya gue yang galaunya berlarut-larut, quote dari gue . "inget....nggak ada jurusan yang di buat kalau  nggak dibutuhkan di dunia kerja, karena gak ada ilmu yang nggak berguna. pasti apa yang kamu dipat di jurusan apapun akan bermanfaat nantinya" dan inget rejeki itu di tangan tuhan, mau jurusan loe cuma dipandang sebelah mata sebagian orang kalau udah rejeki Tuhan dan loe menjalani prosesnya dengan sngguh-sungguh gue yakin loe bakal lebih sukses dari mereka yang cuma mengedepankan prestis. sukses brooo :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar